RPP MAPEL IPS SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
|
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 2
Semua Bidang
Keahlian
4
x 45 menit (4 Xpertemuan)
7. Memahami
kesamaan dan keberagaman budaya
7.1.
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan
hubungan antarbudaya
1.
Menjelaskan pengertian kebudayaan
2.
Menjelaskan unsur-unsur kebudayaan
3.
Mengidentifikasi macam-macam budaya lokal di
Indonesia
4.
Mengidentifikasi dampak masuknya budaya asing dan
hubungan antarbudaya
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian kebudayaan
2.
Menjelaskan
unsur-unsur kebudayaan
3.
Mengidentifikasi
macam-macam budaya lokal di Indonesia
4.
Mengidentifikasi
dampak masuknya budaya asing dan hubungan antarbudaya
.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Menjelaskan
pengertian kebudayaan
2.
Menjelaskan
unsur-unsur kebudayaan
3.
Mengidentifikasi
macam-macam budaya lokal di Indonesia
4.
Mengidentifikasi
dampak masuknya budaya asing dan hubungan antarbudaya
C. Metode
Pembelajaran
1. informasi
2. inquiry
3. kerja mandiri
4. diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1)
Pertemuan I
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen,
mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui materi tentang pengertian kebudayaan
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Secara
individu, siswa menggali informasi lebih dalam melalui studi pustaka tentang pengertian kebudayaan
b.
Siswa
mengerjakan latihan dan aktivitas.
c.
Siswa
mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
-
Siswa dan guru
membuat rangkuman tentang pengertian
kebudayaan
-
Siswa mencatat
beberapa hal yang penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2) Pertemuan II
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui ciri-ciri struktur sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang ciri-ciri struktur sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
Secara berkelompok, siswa menggali informasi melalui
studi pustaka tentang ciri-ciri struktur sosial
c.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
d.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
e.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang ciri-ciri
struktur sosial.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
3) Pertemuan III
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui fungsi struktur sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang fungsi struktur
sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang fungsi
struktur sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang fungsi
struktur sosial.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
4) Pertemuan IV
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui bentuk-bentuk struktur sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang bentuk-bentuk
struktur sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang
stratifikasi dan diferensiasi sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang stratifikasi
dan diferensiasi sosial.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mngerjakan evaluasi hal.18-20
|
10 menit
|
-
Pengendalian
diri
|
E. Sumber pembelajaran:
|
1.
IPS untuk SMK
dan MAK kelas XI
2. Artikel, gambar, dari berbagai media massa
|
3.
Kamus Sosiologi
4. Koran, majalah, TV, internet.
|
F. Media
|
1.
Papan tulis
2. Lembar soal
|
3.
Transparan Konsep
4. Power Point
|
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Test pilihan
ganda dan uraian
3. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
|
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
|
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 2
Semua Bidang
Keahlian
3 x 45 menit (3 x pertemuan)
7. Memahami
kesamaan dan keberagaman budaya
7.2.
Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat
setempat dalam
kaitannya
dengan budaya nasional
1.
Mengidentifikasi
faktor penyebab keragaman budaya
2.
Menganalisis
manfaat keragaman budaya
3. Mendeskripsikan
contoh-contoh budaya lokal
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi
faktor penyebab keragaman budaya
2.
Menganalisis manfaat keragaman budaya
3.
Mendeskripsikan
contoh-contoh budaya lokal
.
B.
Materi
Pembelajaran
1. faktor
penyebab keragaman budaya
2.
manfaat keragaman
budaya
3.
contoh-contoh
budaya lokal
C. Metode
Pembelajaran
1. Informasi
2. Inquiry
3. Kerja Mandiri
4. Diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan I
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan
tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui materi tentang faktor penyebab keragaman budaya
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Secara
individu, siswa menggali informasi lebih dalam melalui studi pustaka tentang
faktor penyebab keragaman budaya
b.
Siswa
mengerjakan latihan dan aktivitas.
c.
Siswa
mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang
faktor penyebab keragaman budaya. Siswa mencatat beberapa hal yang
penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca
materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2. Pertemuan II
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui manfaat keragaman budaya
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang manfaat keragaman budaya
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang manfaat
keragaman budaya
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang manfaat keragaman budaya.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
3. Pertemuan III
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui contoh-contoh
budaya lokal
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 Menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang contoh-contoh
budaya lokal
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang
contoh-contoh budaya lokal
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 Menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang contoh-contoh budaya lokal
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
-
Pengendalian diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
|
1. IPS untuk SMK dan MAK
kelas XI
2. Artikel, gambar, dari berbagai media massa
|
3. Kamus Sosiologi
4. Koran, majalah, TV, internet.
|
F. Media
1.
Papan
tulis
2. Lembar soal
|
3.
Transparan
Konsep
4. Power Point
|
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Test pilihan
ganda dan uraian
3. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
|
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
|
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
|
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
|
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
|
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 2
Semua Bidang
Keahlian
2 x 45 menit (2 x pertemuan)
7. Memahami
kesamaan dan keberagaman budaya
7.3. Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian
masalah akibat adanya keberagaman
budaya
·
Menjelaskan masalah-masalah yang timbul akibat keragaman budaya
·
Mendeskripsikan integrasi nasional
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
masalah-masalah yang timbul akibat
keragaman budaya
2.
Mendeskripsikan
integrasi nasional
B.
Materi Pembelajaran
1.
masalah-masalah yang timbul akibat keragaman budaya
2.
integrasi
nasional
C. Metode
Pembelajaran
|
1. informasi
2. inquiry
|
3. kerja mandiri
4. diskusi
|
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan I
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui masalah-masalah
yang timbul akibat keragaman budaya
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang masalah-masalah
yang timbul akibat keragaman budaya
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi. Dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
diskusi tentang masalah-masalah yang timbul akibat
keragaman budaya
c.
Secara berkelompok, siswa menggali informasi
melalui studi pustaka dan mendiskusikan masalah-masalah yang timbul akibat
keragaman budaya
d.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
e.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang masalah-masalah
yang timbul akibat keragaman budaya
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2.
Pertemuan II
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya memiliki kemauan untuk integrasi nasional.
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang integrasi
nasional
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara berkelompok,
siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang integrasi nasional
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan
latihan, aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang integrasi nasional
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
-
Pengendalian diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
1.
IPS untuk SMK dan
MAK kelas XI
2.
Artikel, gambar,
dari berbagai media massa
3.
Kamus Sosiologi
4.
Koran, majalah,
TV, internet.
F. Media
1.
Papan tulis
2.
Lembar soal
3.
Transparan Konsep
4.
Power Point
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Test pilihan
ganda dan uraian
3. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
|
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
|
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 2
Semua Bidang
Keahlian
1 x 45 menit (1 x pertemuan)
7. Memahami
kesamaan dan keberagaman budaya
7.4.
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
·
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap
keberagaman budaya
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Menunjukkan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
B.
Materi
Pembelajaran
1.
toleransi dan
empati sosial terhadap keberagaman budaya
C. Metode
Pembelajaran
1. informasi
2. inquiry
3. kerja mandiri
4. diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui dan memiliki sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
panduan diskusi yang bekaitan dengan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
c.
Secara berkelompok, siswa menggali informasi
melalui studi pustaka dan mendiskusikan bagaimana cara menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
d.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
e.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mengerjakan evaluasi.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
|
1.
IPS untuk SMK
dan MAK kelas XI
2. Artikel, gambar, dari berbagai media massa
|
3.
Kamus Sosiologi
4. Koran, majalah, TV, internet.
|
F. Media
1.
Papan
tulis
2. Lembar soal
|
3.
Transparan
Konsep
4. Power Point
|
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Test pilihan
ganda dan uraian
3. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
|
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar