RPP MAPEL IPS SEMESTER 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 1
Semua Bidang
Keahlian
5 x 45 menit (5 x pertemuan)
5. Memahami
struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas
5.2.
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.
Menjelaskan pengertian konflik sosial
2.
Mengidentifikasi faktor penyebab konflik sosial
3.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk konflik sosial
4.
Menganalisis dampak konflik sosial
5.
Mengidentifikasi bentuk pengendalian konflik sosial
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian konflik sosial
2.
Mengidentifikasi
faktor penyebab konflik sosial
3.
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk konflik sosial
4.
Menganalisis
dampak konflik sosial
5.
Mengidentifikasi
bentuk pengendalian konflik sosial
B.
Materi
Pembelajaran
1.
pengertian
konflik sosial
2.
faktor penyebab
konflik sosial
3.
bentuk-bentuk
konflik sosial
4.
dampak konflik
sosial
5.
bentuk
pengendalian konflik sosial
C. Metode
Pembelajaran
1. Informasi
2. Inquiry
|
3. Kerja Mandiri
4. Diskusi
|
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1)
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen,
mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui pengertian
konflik sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Secara
individu, siswa menggali informasi lebih dalam melalui studi pustaka tentang
pengertian konflik sosial
b.
Siswa
mengerjakan latihan yang di berikan guru
c.
Siswa
mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
-
Siswa dan guru
membuat rangkuman tentang pengertian
konflik sosial
-
Siswa mencatat
beberapa hal yang penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2) Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui faktor penyebab konflik sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang faktor penyebab konflik sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang faktor
penyebab konflik sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
e.
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara
klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang faktor penyebab konflik sosial
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
3) Pertemuan III
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa
kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk
mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui bentuk-bentuk
konflik sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang bentuk-bentuk
konflik sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang
bentuk-bentuk konflik sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk konflik sosial.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.
|
10 menit
|
-
Pengendalian diri
|
4) Pertemuan IV
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui dampak konflik sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang dampak konflik
sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang dampak
konflik sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang dampak konflik
sosial
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut
|
10 menit
|
-
Pengendalian
diri
|
5) Pertemuan V
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui bentuk pengendalian konflik sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang bentuk
pengendalian konflik sosial
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang bentuk
pengendalian konflik sosial
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan
dan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk pengendalian konflik sosial
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mngerjakan evaluasi
|
10 menit
|
-
Pengendalian
diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
1.
IPS untuk SMK
dan MAK kelas XI
2. Artikel, gambar, dari berbagai media massa
|
3.
Kamus Sosiologi
4. Koran, majalah, TV, internet.
|
F. Media
1.
Papan tulis
2. Lembar soal
|
3.
Transparan Konsep
4. Power Point
|
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Test pilihan
ganda dan uraian
3. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
|||||||
Keterangan:
Rentang skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa Juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 1
Semua Bidang
Keahlian
2 x 45 menit (2 x pertemuan)
6. Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6.1.
Mendeskripsikan hubungan kelompok sosial dan masyarakat kultural
1.
Menjelaskan pengertian kelompok sosial
2.
Mendeskripsikan hubungan kelompok sosial dan masyarakat
kultural
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian kelompok sosial
2.
Mendeskripsikan
hubungan kelompok sosial dan masyarakat kultural
B.
Materi Pembelajaran
1.
pengertian
kelompok sosial
2.
hubungan kelompok
sosial dan masyarakat kultural
C.
Metode
Pembelajaran
1.
informasi
2.
inquiry
3.
kerja mandiri
4.
diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1)
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen,
mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui tentang pengertian kelompok sosial
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Secara
individu, siswa menggali informasi lebih dalam melalui studi pustaka tentang
pengertian kelompok sosial
b.
Siswa
mengerjakan latihan yang di berikan oleh guru
c.
Siswa
mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
-
Siswa dan guru
membuat rangkuman tentang pengertian
kelompok sosial
-
Siswa mencatat
beberapa hal yang penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2) Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui hubungan kelompok sosial dan masyarakat kultural.
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang hubungan
kelompok sosial dan masyarakat kultural
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
c.Secara berkelompok, siswa menggali informasi melalui
studi pustaka tentang hubungan
kelompok sosial dan masyarakat kultural
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan
aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hubungan
kelompok sosial dan masyarakat kultural.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
1.
IPS untuk SMK dan
MAK kelas XI
2.
Artikel, gambar,
dari berbagai media massa
3.
Kamus Sosiologi
4.
Koran, majalah,
TV, internet.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan
Konsep
4. Power Point
G. Penilaian
1.
Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
|||||||
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 2-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 1
Semua Bidang
Keahlian
2 x 45 menit (2 x pertemuan)
6. Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6.2.
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
·
Mendeskripsikan faktor penyebab timbulnya masyarakat
kultural
·
Mengidentifikasi karakteristik masyarakat multikultural
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Mendeskripsikan
faktor penyebab timbulnya masyarakat kultural
2.
Mengidentifikasi
karakteristik masyarakat multikultural
B.
Materi
Pembelajaran
1.
faktor penyebab
timbulnya masyarakat kultural
2.
karakteristik
masyarakat multikultural
C.
Metode
Pembelajaran
1.
informasi
2.
inquiry
3.
kerja mandiri
4.
diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1)
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen,
mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui tentang faktor penyebab timbulnya masyarakat kultural
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang faktor penyebab timbulnya masyarakat kultural
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi dan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemandu diskusi
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang faktor
penyebab timbulnya masyarakat kultural dan mendiskusikannya
d.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
e.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang faktor
penyebab timbulnya masyarakat kultural. Siswa mencatat beberapa hal yang
penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
yang berikut.
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
2) Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen
dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental
siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui karakteristik
masyarakat multikultural
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang karakteristik masyarakat multikultural
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi an memberikan pertanyaan-pertanyaan
pemandu diskusi.
c.
Secara
berkelompok, siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang karakteristik masyarakat multikultural dan
mndidkusikannya.
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan aktivitas.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang karakteristik masyarakat multikultural
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mengerjakan latihan dan aktivitas halaman 51
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
Buku IPS SMK dan MAK kelas XI
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan
Konsep
4. Power Point
G. Penilaian
1. Melakukan
pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
2. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
6.
Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
|||||||
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 12-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
XI/ 1
Semua Bidang
Keahlian
1 x 45 menit (1 x pertemuan)
6. Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6.3.
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
·
Mendeskripsikan kelompok-kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural menurut pandangan ahli sosiologi
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
1.
Mendeskripsikan kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
menurut pandangan ahli sosiologi
.
B.
Materi Pembelajaran
1.
kelompok-kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural menurut pandangan ahli sosiologi
C.
Metode
Pembelajaran
1.
informasi
2.
inquiry
3.
kerja mandiri
4.
diskusi
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa
kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk
mengikuti pelajaran.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya mengetahui kelompok-kelompok sosial dalam masyararakat
multikultural menurut pandangan ahli sosiologi
c.
Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyararakat
multikultural menurut pandangan ahli sosiologi
b.
Guru mengajak
siswa untuk membentuk kelompok diskusi dan memberikan pertanyaan-pertanyaan
pemandu diskusi.
c.
Secara berkelompok, siswa menggali informasi
melalui studi pustaka tentang kelompok-kelompok
sosial dalam masyararakat multikultural menurut pandangan ahli sosiologi.
d.
Secara
berkelompok, siswa mengerjakan latihan.
e.
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu
diskusi secara klasikal.
f.
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
25 menit
|
- Kesungguhan
- Kerja sama
- Disiplin
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyararakat multikultural menurut
pandangan ahli sosiologi multikultural
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mengerjakan evaluasi halaman 57-58
|
10 menit
|
- Pengendalian
diri
|
E. Sumber
pembelajaran:
1.
IPS untuk SMK dan
MAK kelas XI
2.
Artikel, gambar,
dari berbagai media massa
3.
Kamus Sosiologi
4.
Koran, majalah,
TV, internet.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan
Konsep
4. Power Point
G. Penilaian
1. Melakukan
pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
2. Penilaian
hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek
yang dinilai:
1. Kemampuan
menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan
memberikan argumentasi.
3. Kemampuan
memberikan kritik.
|
4. Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
|
Penskoran: Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1 24-30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor 2 18-23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3 12-17 = Cukup
D.
Baik Skor 4 6-11 = Kurang
E.
Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
|||||||
Keterangan:
Rentang
skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 12-15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9-11 = Baik
3. Pemikiran 6-8 = Cukup
4. Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5. Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ZUKHRINA
AMALIA, S.Pd
|
Langsa juli
2017
Guru
Mata Pelajaran
RIANTI
ASTELITA, S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar