SILABUS MAPEL IPA TAHUN AJARAN 2017/2018
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : X/ 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis
untuk mempero-leh infor-masi gejala alam biotik
|
·
Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)
·
Keterampilan proses sains
·
Metode ilmiah
·
Keanekaraga-man makhluk hidup
·
Klasifikasi makhluk hidup
·
Peranan mikroorganis-me (virus,
bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
·
Mendiskusikan pengertian dan ciri
ilmu pengetahuan alam (sains).
·
Mendiskusikan perkembangan sains dan
teknologi di Indonesia saat ini.
·
Mendiskusikan dan mengindentifikasi
keterampilan-keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari
metode ilmiah.
·
Mendiskusikan pengertian metode
ilmiah dan mengidentifikasi langkah-langkah metode ilmiah beserta contoh
penerapannya.
·
Melakukan penelitian mengenai
pertumbuhan tanaman dengan menerapkan langkah-langkah metode ilmiah.
·
Melakukan pengamatan terhadap
keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi macam-macam tingkat
keanekaragaman makhluk hidup.
·
Mendiskusikan keunikan keanekaragaman
makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.
·
Mendiskusikan pengaruh kegiatan
manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup.
·
Mendiskusikan manfaat dan dasar
klasifikasi makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi sistem-sistem
klasifikasi makhluk makhluk hidup yang dibuat manusia.
·
Mengidentifikasi kingdom-kingdom
makhluk hidup berdasarkan klasifikasi kingdom yang telah dibuat manusia.
·
Mendiskusikan tata cara penamaan
ilmiah makhluk hidup.
·
Mendiskusikan ciri dan peranan
berbagai jenis mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam
kehidupan manusia.
·
Melakukan pengamatan terhadap bentuk
bakteri, protozoa, dan algae.
·
Melakukan praktikum membuat nata
de coco, yoghurt, dan tape ketan.
|
·
Menjelaskan pengertian dan ciri ilmu
pengetahuan alam (sains).
·
Membuat laporan hasil diskusi
mengenai perkembangan sains dan teknologi di Indonesia.
·
Menjelaskan keterampilan proses sains
yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.
·
Memberikan contoh penerapan
keterampilan proses sains.
·
Menjelaskan pengertian metode ilmiah
dan langkah-langkah metode ilmiah.
·
Mengaplikasikan langkah-langkah
metode ilmiah.
·
Membuat laporan penelitian mengenai
pertumbuhan tanaman.
·
Mempresentasikan hasil penelitian
mengenai pertumbuhan tanaman.
·
Mendeskripsikan keanekaragaman
makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan macam-macam tingkat
keanekaragaman makhluk hidup.
·
Menjelaskan keunikan keanekaragaman
makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.
·
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keanekaragaman makhluk hidup.
·
Menjelaskan manfaat dan dasar
klasifikasi makhluk hidup.
·
Mengklasifikasikan makhluk hidup di
lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu.
·
Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi
makhluk hidup.
·
Menjelaskan kingdom-kingdom makhluk
hidup.
·
Menjelaskan tata cara penamaan ilmiah
makhluk hidup.
·
Menjelaskan ciri dan peranan virus,
bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia.
·
Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya.
·
Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang
ditimbulkannya.
·
Mengaplikasikan peranan bakteri dan
jamur dalam menghasilkan bahan pangan.
|
·
Tes tertulis
·
Produk
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Observa-si kinerja
·
Produk
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Produk
·
Tes tertulis
·
Observa-si kinerja
·
Produk
|
16
|
20
(40)
|
·
Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK
kelas
·
Lingkungan sekitar
·
Sumber Informasi lain: koran,
majalah, website internet, dll
·
Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK
dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga
2008 halaman 19-52
·
Lingkungan sekitar
·
Sumber Informasi lain: koran,
majalah, website internet, dll
·
Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK
kelas X
·
Lingkungan sekitar
·
Sumber Informasi lain: koran,
majalah, website internet, dll
|
|
1.2 Mengiden-tifikasi obyek
secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam
abiotik
|
·
Struktur bumi dan komponennya (air,
tanah, dan batuan)
·
Tektonisme, vulkanisme, gempa, dan
tsunami sebagai gejala-gejala alam yang mengubah bentuk permukaan bumi
·
Rotasi dan revolusi bumi
·
Matahari, bulan, planet, komet,
steroid, dan meteor sebagai benda langit
·
Cuaca dan iklim
|
·
Mengidentifikasi struktur bumi dan
mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan
bumi.
·
Melakukan studi literatur dan
mendiskusikan peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·
Melakukan diskusi mengenai air,
tanah, dan batuan sebagai komponen bumi.
·
Melakukan pengamatan terhadap daya
serap air oleh jenis tanah yang berbeda.
·
Mendiskusikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.
·
Mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa benda
langit yang ada di tata surya.
·
Mendiskusikan pengertian cuaca dan iklim.
·
Mengidentifikasi dan mendiskusikanunsur-unsur
cuaca.
·
Melakukan pengamatan cuaca di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi pembagian iklim bumi.
·
Mendiskusikan dampak perubahan iklim bumi yang
sedang terjadi saat ini.
|
·
Menjelaskan struktur bumi dan
peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.
·
Membuat laporan hasil diskusi
mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·
Mempresentasikan hasil diskusi
mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·
Menjelaskan fungsi, sifat, dan
jenis-jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi.
·
Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.
·
Menjelaskan beberapa benda langit yang ada di
tata surya.
·
Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim.
·
Menjelaskan unsur-unsur cuaca.
·
Menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan pembagian iklim bumi.
·
Mengidentifikasi sebab dan dampak perubahan
iklim bumi.
·
Membuat laporan hasil diskusi mengenai dampak
perubahan iklim bumi yang sedang
terjadi saat ini.
|
·
Tes tertulis
·
Obser-vasi kinerja
·
Produk
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Observa-si kinerja
·
Produk
|
16
|
12
(24)
|
·
Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK
kelas X
·
Lingkungan sekitar
·
Sumber Informasi lain: koran,
majalah, website internet, dll
·
Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK
kelas X
·
Lingkungan sekitar
·
Sumber Informasi lain: koran,
majalah, website internet, dll
|
|
Keterangan:
TM : Tatap Muka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
|
Mengetahui,
KepalaSekolah
ZUKHRINA
AMALIA S.Pd.
|
Langsa juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
RIANTI
ASTELITA S, Pd
|
Komentar
Posting Komentar