SILABUS MAPEL IPA TAHUN AJARAN 2017/2018

                                                                          SILABUS


NAMA SEKOLAH               : SMK PERBANKAN GRAHA MEDIA
MATA PELAJARAN             : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER                 : X/ 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI         : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
KODE KOMPETENSI            : 1
ALOKASI WAKTU                   : 64 x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI

1.1    Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam biotik

·         Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)




·         Keterampilan proses sains




·         Metode ilmiah










·         Keanekaraga-man makhluk hidup











·         Klasifikasi makhluk hidup














·         Peranan mikroorganis-me (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia


·         Mendiskusikan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains).
·         Mendiskusikan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini.

·         Mendiskusikan dan mengindentifikasi keterampilan-keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.

·         Mendiskusikan pengertian metode ilmiah dan mengidentifikasi langkah-langkah metode ilmiah beserta contoh penerapannya.

·         Melakukan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman dengan menerapkan langkah-langkah metode ilmiah.

·         Melakukan pengamatan terhadap keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup.
·         Mendiskusikan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.
·         Mendiskusikan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup.

·         Mendiskusikan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
·         Mengidentifikasi sistem-sistem klasifikasi makhluk makhluk hidup yang dibuat manusia.



·         Mengidentifikasi kingdom-kingdom makhluk hidup berdasarkan klasifikasi kingdom yang telah dibuat manusia.
·         Mendiskusikan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup.


·         Mendiskusikan ciri dan peranan berbagai jenis mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia.
·         Melakukan pengamatan terhadap bentuk bakteri, protozoa, dan algae.
·         Melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan.





·         Menjelaskan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains).
·         Membuat laporan hasil diskusi mengenai perkembangan sains dan teknologi di Indonesia.


·         Menjelaskan keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.
·         Memberikan contoh penerapan keterampilan proses sains.

·         Menjelaskan pengertian metode ilmiah dan langkah-langkah metode ilmiah.
·         Mengaplikasikan langkah-langkah metode ilmiah.

·         Membuat laporan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman.
·         Mempresentasikan hasil penelitian mengenai pertumbuhan tanaman.

·         Mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar.
·         Menjelaskan macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup.
·         Menjelaskan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.
·         Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup.


·         Menjelaskan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
·         Mengklasifikasikan makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu.
·         Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi makhluk hidup.

·         Menjelaskan kingdom-kingdom makhluk hidup.
·         Menjelaskan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup.




·         Menjelaskan ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia.
·         Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya.
·         Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang ditimbulkannya.
·         Mengaplikasikan peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan.


·         Tes tertulis
·         Produk





·         Tes tertulis





·         Tes tertulis
·         Observa-si kinerja
·         Produk







·         Tes tertulis













·         Tes tertulis
·         Produk














·         Tes tertulis
·         Observa-si kinerja
·         Produk










16

20
(40)


·         Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK kelas
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll










·         Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 19-52
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll



















·         Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK kelas X
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll


1.2     Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam abiotik



·         Struktur bumi dan komponennya (air, tanah, dan batuan)
·         Tektonisme, vulkanisme, gempa, dan tsunami sebagai gejala-gejala alam yang mengubah bentuk permukaan bumi




·         Rotasi dan revolusi bumi



·         Matahari, bulan, planet, komet, steroid, dan meteor sebagai benda langit

·         Cuaca dan iklim




·         Mengidentifikasi struktur bumi dan mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.
·         Melakukan studi literatur dan mendiskusikan peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·         Melakukan diskusi mengenai air, tanah, dan batuan sebagai komponen bumi.
·         Melakukan pengamatan terhadap daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda.

·         Mendiskusikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.

·         Mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa benda langit yang ada di tata surya.



·         Mendiskusikan pengertian cuaca dan iklim.
·         Mengidentifikasi dan mendiskusikanunsur-unsur cuaca.
·         Melakukan pengamatan cuaca di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi pembagian iklim bumi.
·         Mendiskusikan dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini.


·         Menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.
·         Membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·         Mempresentasikan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.
·         Menjelaskan fungsi, sifat, dan jenis-jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi.



·         Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.


·         Menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya.




·         Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim.
·         Menjelaskan unsur-unsur cuaca.
·         Menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekitar.
·         Menjelaskan pembagian iklim bumi.
·         Mengidentifikasi sebab dan dampak perubahan iklim bumi.
·         Membuat laporan hasil diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang  sedang terjadi saat ini.



·         Tes tertulis
·         Obser-vasi kinerja
·         Produk













·         Tes tertulis



·         Tes tertulis





·         Tes tertulis
·         Observa-si kinerja
·         Produk



16

12
(24)


·         Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK kelas X
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll










·         Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK kelas X
·         Lingkungan sekitar
·          Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll


Keterangan:
TM           : Tatap Muka
PS           : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI             : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)

Mengetahui,
KepalaSekolah



ZUKHRINA AMALIA S.Pd.
Langsa     juli  2017
Guru Mata Pelajaran



RIANTI ASTELITA S, Pd


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB III. B. BAKTERI

FAKTOR PENYEBAB KERAGAMAN BUDAYA